Pantangan Makanan Bagi Penderita Gagal Ginjal

Pantangan Makanan Bagi Penderita Gagal Ginjal

بِسْمِ اللهِ الرَّحْمنِ الرَّحِيمِ

Pantangan Makanan Bagi Penderita Gagal Ginjal,- Bagi anda yang pernah mengalami gagal ginjal tentu harus lebih menjaga pola makan karena diketahui bahwa beberapa makanan bisa memperparah penyakit ginjal yang dialami. Penderita Gagal Ginjal tidak disarankan mengonsumsi banyak buah dan sayur. Meski buah dan sayur adalah makanan yang baik untuk orang sehat, namun untuk penderita ginjal makanan ini akan berpotensi memperparah kesehatan anda.

Berikut Pantangan Makanan Yang Harus Di Batasi Oleh Penderita Gagal Ginjal

  • Produk susu, seperti susu, yogurt dan keju
  • Cokelat
  • Kacang
  • Pisang
  • Pembatasan cairan
  • Buah dengan kandungan air yang banyak seperti: anggur, melon, tomat, dan buah dengan kandungan kalium tinggi seperti jeruk, kiwi, pisang
  • Sayuran dengan kandungan air yang banyak seperti: seledri dan selada, dan sayuran dengan kadar kalium tinggi seperti kentang, asparagus, labu

Makanan Yang Di Anjurkan Bagi Penderita Gagal Ginjal

Putih telur

Bagi penderita gagal ginjal atau penyakit gijal lainya. Di sarankan untuk konsumsi putih teolur nya saja tanpa memakan kuning telur. Karena putih telur mengandung protein yang tinggi dan kadar fosfor yang lebih sedikit, dan bagus untuk kesehatan ginjal, sebaliknya, kuning telur malah tidak cocok untuk penderita penyakit pada ginjal.

Bunga kol

Bunga kol merupakan sayuran yang rendah kadar kalium dan sodiumnya, juga kata akanzzat indoles, glucosinolates dan tiosianat yang berungsi menetralkan racun racun yang ada dalam tubuh. Dan bunga kol ini di kenal sebagai musuh bagi senyawa beracun pada tubuh.

Ikan yang kaya akan omega3

Untuk  diet sehat penderita gagal ginjal di sarankan hanya konsumsi 3 ons ikan saja dalam seharinya. Dan di sarankan ikan yang di pilih adalah salmon atau tuna, karena mengandung omega 3 yang tinggi juga dalam 3 ons salmon mengandung 50 mg sodium, 368 mg kalium dan fosfor 274 mg. kaya omega 3 yang terdapat dalam salmon dapat mengurangi peradangan dalam tubuh sehingga dapat melindungi ginjal dari berbagai penyakit.

Berries

Jenis berries apapun seperti stroberi, raspberry, blueberry, dan cranberries. Buah buahan yang mungil ini ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan kita, buah bauahan yang kaya akan zat antiinflamasi ini dapat meningkatkan fungsi kandung kemih dan mengurangi peradangan pada ginjal. Selain itu merupakan anti kanker dan antioksidan.

Kecambah atau Toge

Kecambah merupakan sayuran yang memiliki kadar rendah lemak  tetapi kaya vitamin A, B dan C serta serat, protein dan folat yang berkhasiat dapat memperkecil timbulnya penyakit kardiovaskuler dan merendahkan kadar lemak jahat dalam darah. Kecambah mengandung senyawa fitokimia yang bernama kanavanin, yang berperan sebagai pencegah kanker, dan  juga dapat memperlancar pencernaan dan baik untuk ginjal. Senyawa lainnya juga terdapat genistein dan daidzein.

Itulah Pantangan Makanan Bagi Penderita Gagal Ginjal Semoga Bermanfaat

Terima kasih sudah mau membaca dan berkunjung

 

Leave a comment